Sosial

Setelah Menyimak Video Tadi, Manakah Teknik Asesmen yang Ibu Bapak Paling Ingin Coba?

×

Setelah Menyimak Video Tadi, Manakah Teknik Asesmen yang Ibu Bapak Paling Ingin Coba?

Sebarkan artikel ini

Tidak diragukan lagi bahwa teknologi telah mempengaruhi hampir setiap aspek hidup kita dan pendidikan bukanlah pengecualian. Seiring berjalannya waktu, banyak guru dan orang tua yang memanfaatkan teknik pengajaran baru dan inovatif untuk membantu anak-anak mereka belajar dengan lebih efektif.

Informasi itu berharga, terlebih lagi manakala menjadi bahan masukan bagi tindakan. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan melihat beberapa teknik asesmen paling populer yang dikemukakan dalam video dan menerka teknik mana yang paling ingin dicoba oleh para ibu dan bapak.

Asesmen Otentik

Asesmen otentik menekankan pada keterlibatan siswa dalam tugas-tugas yang memiliki relevansi langsung dengan kehidupan nyata. Ini adalah pendekatan yang unik yang memungkinkan siswa untuk berlatih keterampilan dan konsep dalam konteks yang otentik dan bermakna.

Asesmen Formatif

Asesmen formatif adalah teknik evaluasi yang memberikan umpan balik cepat dan berkelanjutan dalam proses belajar siswa. Teknik ini membantu guru dan orang tua memahami apa yang telah dipelajari siswa, apa yang mereka kuasai, dan di mana mereka mungkin memerlukan bantuan tambahan.

Asesmen Portofolio

Metode ini melibatkan pengumpulan berbagai karya siswa sepanjang waktu yang merefleksikan proses pembelajaran mereka. Ini bisa berupa serangkaian tugas, tes, proyek, atau kegiatan lainnya. Portofolio ini membantu guru dan orang tua melacak pertumbuhan dan perkembangan siswa.

Asesmen Peer

Ini merupakan suatu teknik di mana siswa menilai kinerja teman sebaya mereka. Metode ini berfungsi baik untuk meningkatkan pemahaman dan kerjasama antarsiswa, dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar satu sama lain.

Asesmen Sumatif

Asesmen sumatif dirancang untuk mengevaluasi belajar siswa di penghujung satu unit atau periode waktu. Metode ini umumnya dilakukan dalam bentuk tes atau kuis dan memberikan statistik masukan tentang penguasaan materi oleh siswa.

Sebagai orang tua, penting untuk mempertimbangkan variasi dan keunikan dari setiap anak. Tidak ada satu cara terbaik untuk mengevaluasi belajar anak. Teknik asesmen yang efektif adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi belajar anak. Oleh karena itu, teknik asesmen mana yang paling ingin Anda coba tergantung pada preferensi dan kebutuhan anak Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *