Sekolah

Kadar Zakat Pertanian Apabila Tidak Ada Tambahan Biaya Untuk Pengairan Adalah Sebesar

×

Kadar Zakat Pertanian Apabila Tidak Ada Tambahan Biaya Untuk Pengairan Adalah Sebesar

Sebarkan artikel ini

Zakat pertanian merupakan satu dari delapan macam zakat yang wajib dalam agama Islam. Peraturannya tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 267. Islam menetapkan zakat pertanian sebagai bagian krusial dalam sistem perekonomiannya untuk membuat distribusi kekayaan yang adil dan seimbang di antara umat.

Zakat tidak hanya dikenakan pada kekayaan atau harta benda, seperti emas, perak, dan perdagangan, tetapi juga termasuk hasil pertanian. Zakat dari hasil pertanian dikenakan dengan tujuan mendistribusikan kekayaan hasil bumi secara adil dan merata kepada yang berhak menerima.

Peritungan Zakat Pertanian

Hasil panen pertanian dikenai zakat 10% atau 5% dari total hasil panen. Mengenai persentase tersebut, ada beberapa faktor yang membuat perbedaan, antara lain adalah penggunaan air.

  1. Jika tanah pertanian diberi air oleh hujan atau air alam seperti sungai, danau, atau mata air tanpa perlu penambahan biaya dan tenaga, maka kadar zakatnya adalah 10% dari hasil panen (Al-Qur’an Surat Al-An’am: 141).
  2. Namun, jika tanah pertanian tersebut memerlukan pengeluaran biaya yang cukup banyak untuk pengairannya, seperti dengan menggunakan alat-alat irigasi modern, maka zakatnya adalah 5% dari hasil panen.

Artinya, tanah yang tidak memerlukan pengeluaran untuk irigasi akan dikenakan zakat sedikit lebih tinggi yaitu 10%. Sedangkan tanah yang memerlukan biaya untuk sadap air atau irigasinya dikenakan zakat 5%.

Kesimpulan

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa kadar zakat pertanian apabila tidak ada tambahan biaya untuk pengairan adalah sebesar 10% dari total hasil panen. Hal ini merupakan instruksi langsung dari Al-Qur’an yang harus diwujudkan oleh setiap petani Muslim untuk membantu dalam mewujudkan distribusi kekayaan yang merata dan adil di dalam masyarakat. Zakat adalah suatu rukun Islam yang penting dan setiap muslim dituntut untuk menunaikan zakat sesuai dengan kemampuan dan harta yang dimilikinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *