Sosial

Indonesia terletak pada… yang di tengah-tengahnya terbentang garis equator sehingga Indonesia mempunyai dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau

×

Indonesia terletak pada… yang di tengah-tengahnya terbentang garis equator sehingga Indonesia mempunyai dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau

Sebarkan artikel ini

Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, dikenal karena wilayah geografisnya yang unik dan kediversitasan flora dan faunanya yang melimpah. Terletak tepat di tengah-tengah pertemuan dua lempeng benua, Asia dan Australia, serta dua lempeng samudera, Pasifik dan Hindia, Indonesia menempati lokasi yang sangat strategis.

Fenomena Geografis Indonesia

Uniknya, Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa atau equator. Garis imaginatif ini terbentang tepat di tengah-tengah wilayah Indonesia. Garis equator membagi bumi menjadi dua bagian yang sama besar, Hemisfera Utara dan Hemisfera Selatan. Dengan begitu, seluruh wilayah Indonesia berada pada kedua hemisfera tersebut.

Posisi ini memberikan beberapa efek pada iklim Indonesia. Dikenal juga sebagai iklim tropis, wilayah di sekitar garis equator, termasuk Indonesia, memiliki temperatur udara yang cenderung hangat sepanjang tahun.

Dua Musim di Indonesia: Hujan dan Kemarau

Efek lain dari posisi geografis yang unik ini adalah pembagian waktu tahunan di Indonesia menjadi dua musim yang berbeda: musim hujan dan musim kemarau. Di Indonesia, perubahan antar musim terjadi dengan perubahan kelembaban dan curah hujan, bukan suhu udara.

  • Musim Hujan: Dimulai sekitar Oktober hingga Maret, musim hujan ditandai dengan curah hujan yang tinggi. Saat ini, angin bertiup dari Barat, membawa banyak uap air dari Samudra Hindia ke Indonesia.
  • Musim Kemarau: Musim kemarau biasanya terjadi dari April hingga September. Selama periode ini, curah hujan di Indonesia cenderung lebih rendah. Angin bertiup dari arah timur, membawa kelembaban dari Samudra Pasifik yang lebih rendah.

Dengan demikian, posisi geografis Indonesia yang unik di khatulistiwa memberikan karakteristik iklim dan bentang alam yang menarik, membuatnya menjadi salah satu negara dengan ekosistem yang paling kaya di dunia.

Jadi, jawabannya apa? Indonesia adalah negara yang posisinya sangat unik, berada tepat di tengah-tengah garis khatulistiwa, dan hal ini mengakibatkan Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *