Budaya

Efek Kebijakan Pemerintah untuk Menaikkan Harga BBM yang Ternyata Menimbulkan Ketimpangan Sosial dalam Masyarakat, Kondisi tersebut terjadi Karena

×

Efek Kebijakan Pemerintah untuk Menaikkan Harga BBM yang Ternyata Menimbulkan Ketimpangan Sosial dalam Masyarakat, Kondisi tersebut terjadi Karena

Sebarkan artikel ini

Pemerintah seringkali sekali dalam dilema besar ketika menghadapi isu penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Di satu sisi, negara perlu melakukan penyesuaian harga BBM untuk menekan defisit anggaran negara, sementara di sisi lain, kebijakan tersebut dapat menimbulkan ketimpangan sosial dalam masyarakat.

Alasan Penaikan Harga BBM

Alasan utama pemerintah dalam menaikkan harga BBM adalah untuk menyesuaikan dengan harga pasaran minyak dunia. Selain itu, kenaikan harga BBM juga bertujuan untuk mengurangi beban subsidi yang harus ditanggung oleh pemerintah.

Dampak Kebijakan Penaikan BBM terhadap Masyarakat

Namun, disisi lain, kebijakan penyesuaian harga BBM seringkali tidak populer di kalangan masyarakat. Kenaikan harga BBM secara langsung berdampak pada kenaikan harga barang dan jasa. Harga transportasi, harga pangan, dan biaya kehidupan lainnya menjadi naik, yang pada akhirnya berdampak pada meningkatnya beban ekonomi masyarakat, terutama masyarakat berpenghasilan rendah.

Hal ini tentunya berpotensi menimbulkan ketimpangan sosial dalam masyarakat. Masyarakat berpenghasilan rendah yang sudah berjuang keras di tengah kondisi ekonomi yang sulit, kini harus berhadapan dengan beban ekonomi yang semakin meningkat.

Mengapa Kondisi Ini Terjadi?

Kondisi ini terjadi karena ketiadaan sistem penyangga yang mampu meredam dampak kenaikan harga BBM bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Padahal, dalam kebijakan penyesuaian harga BBM, diperlukan adanya penyesuaian juga pada kebijakan lainnya untuk meredam dampak negatif yang ditimbulkan, seperti peningkatan bantuan sosial bagi masyarakat miskin dan berpenghasilan rendah.

Tanpa adanya sistem penyangga ini, maka beban kenaikan harga BBM bisa menjadi beban yang berat bagi masyarakat berpenghasilan rendah, dan pada akhirnya menimbulkan ketimpangan sosial di tengah masyarakat.

Pemerintah perlu memahami hal ini dan membuat strategi yang tepat dalam menentukan kebijakan penyesuaian harga BBM. Seharusnya, kebijakan ini diambil bukan semata-mata untuk mengurangi defisit anggaran negara, tetapi juga memperhatikan dampak sosial dari kebijakan tersebut. Sehingga, dapat menciptakan keseimbangan antara kepentingan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Jadi, jawabannya apa? Disini kita melihat bahwa meskipun kebijakan kenaikan harga BBM memiliki tujuan yang baik, namun pembuat kebijakan harus mampu menjaga keseimbangan antara kepentingan negara dan kepentingan masyarakat, sehingga tidak menimbulkan ketimpangan sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *