Sekolah

Untuk membuat sebuah radio, Bagio membutuhkan waktu 90 hari. Berapa jumlah radio yang paling banyak dapat dibuatnya dalam waktu 2 ¾ tahun?

×

Untuk membuat sebuah radio, Bagio membutuhkan waktu 90 hari. Berapa jumlah radio yang paling banyak dapat dibuatnya dalam waktu 2 ¾ tahun?

Sebarkan artikel ini

Radio adalah alat komunikasi yang telah ada sejak lama. Membuat radio memerlukan pengetahuan khusus dan waktu. Bagio, seorang pembuat radio, membutuhkan waktu sekitar 90 hari hanya untuk membuat satu unit radio. Berapakah kemungkinan maksimum radio yang bisa dia buat dalam jangka waktu 2 ¾ tahun? Mari kita hitung bersama.

Sebelum kita mulai, penting bagi kita untuk mengetahui jumlah hari dalam setahun. Umumnya, dalam satu tahun terdapat 365 hari. Namun, karena kita berbicara tentang 2 ¾ tahun, kita perlu perhitungan lebih lanjut untuk mendapatkan total hari.

Berikut adalah rinciannya:

  • Untuk 2 tahun, total hari adalah 2 x 365 = 730 hari.
  • Untuk ¾ tahun, kita perlu menghitung ¾ dari 365. Hasilnya adalah ¼ x 365 = 91,25, dibulatkan menjadi 91 hari.

    Oleh karena itu, total hari dalam 2 ¾ tahun adalah 730 + 91 = 821 hari.

Selanjutnya, kita perlu mencari tahu berapa banyak radio yang bisa dibuat Bagio dalam 821 hari.

Karena Bagio membutuhkan 90 hari untuk membuat satu radio, maka jumlah unit yang bisa dibuat dalam 821 hari adalah 821 dibagi 90. Hasilnya sekitar 9,12, yang saat dibulatkan menjadi 9.

Maka, terungkaplah jawabannya. Jadi dalam 2 ¾ tahun, Bagio dapat membuat sebanyak-banyaknya 9 unit radio.

Jadi, jawabannya apa?

Dengan asumsi Bagio bekerja setiap hari tanpa libur, dia mampu membuat sebanyak 9 unit radio dalam waktu 2 ¾ tahun. Tentu, ini adalah angka maksimum dengan asumsi bahwa tidak ada hambatan atau penundaan dalam proses pembuatan. Angka pasti mungkin lebih rendah tergantung pada berbagai faktor lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *