Ilmu

Sebuah Taman Berbentuk Lingkaran Berdiameter 63 M pada Pinggir Taman akan Ditanami Pohon Pinus dengan Jarak 9 M: Banyak Pohon Pinus yang Dibutuhkan Adalah

×

Sebuah Taman Berbentuk Lingkaran Berdiameter 63 M pada Pinggir Taman akan Ditanami Pohon Pinus dengan Jarak 9 M: Banyak Pohon Pinus yang Dibutuhkan Adalah

Sebarkan artikel ini

Pertanyaan ini berkaitan dengan pengetahuan geometri dan berapa banyak pohon pinus yang bisa ditanam di sekitar taman yang berbentuk lingkaran dengan diameter 63 meter.

Sebelum kita mengetahui berapa banyak pohon pinus yang dibutuhkan, mari kita perjelas beberapa aspek dasar geometri lingkaran.

Diameter lingkaran adalah jarak melintasi lingkaran melalui pusatnya, dan jari-jari adalah setengah dari diameter. Dalam hal ini, diameter taman adalah 63 meter yang berarti jari-jarinya adalah setengah dari itu, yaitu 31,5 meter.

Selanjutnya, untuk mengetahui berapa banyak pohon yang bisa kita tanam di sekeliling taman, kita harus mengetahui keliling lingkaran. Keliling lingkaran dapat dihitung dengan menggunakan rumus 2pr (dimana p adalah konstanta matematis Pi dan r adalah jari-jari).

Jadi, keliling taman adalah 2 * p * 31.5 meter, yaitu sekitar 198 meter.

Jika setiap pohon pinus memerlukan ruang sekitar 9 meter, maka kita perlu membagi total keliling taman dengan ruang yang dibutuhkan untuk setiap pohon.

Jadi, jumlah pohon pinus yang bisa ditanam adalah sekitar 198/9, yaitu sekitar 22 pohon. Jadi, untuk membuat taman menjadi hijau dan menarik, akan dibutuhkan sekitar 22 pohon pinus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *