Ilmu

Dalam Surat Lamaran Pekerjaan, Bagian Yang Berisi Keterangan Tentang Alasan Pengirim Atau Pelamar Pekerjaan Menulis Surat Terdapat Pada Bagian Mana?

×

Dalam Surat Lamaran Pekerjaan, Bagian Yang Berisi Keterangan Tentang Alasan Pengirim Atau Pelamar Pekerjaan Menulis Surat Terdapat Pada Bagian Mana?

Sebarkan artikel ini

Surat lamaran pekerjaan adalah dokumen formal yang diajukan oleh individu yang mencari pekerjaan kepada perusahaan tempat mereka ingin bekerja. Surat ini berfungsi sebagai alat perkenalan pertama sekaligus medium yang digunakan untuk mengekspresikan minat dan kualifikasi seseorang pada posisi yang ditawarkan oleh perusahaan. Agar efektif, surat lamaran pekerjaan harus mengandung semua elemen penting yang dapat memikat perusahaan target.

Jadi, pertanyaan ini menunjuk ke elemen penting apa dalam surat lamaran yang berisi alasan pengirim atau pelamar menulis surat. Bagian yang dimaksud adalah paragraf pembuka.

Sebagai bagian pertama dari surat lamaran kerja, paragraf pembuka memainkan peran penting. Disini, pelamar harus secara jelas menjelaskan alasan mereka menulis surat tersebut dan memberikan alasan mengapa mereka tertarik pada posisi tersebut. Secara spesifik, paragraf ini seharusnya berisi dua elemen utama:

  1. Tujuan surat: Bagian ini biasanya dimulai dengan mencakup posisi yang diterima pelamar dan sumber informasi dari mana pelamar mendapatkan informasi tentang pekerjaan tersebut (misalnya, dari situs web perusahaan, referensi dari karyawan lain, iklan pekerjaan, dll.).
  2. Alasan penulisan surat: Dalam bagian ini, pelamar mencantumkan alasan mengapa mereka tertarik dengan pekerjaan dan perusahaan tersebut. Misalnya, mereka mungkin menyukai industri perusahaan, budaya kerja, atau posisi ini mungkin membantu pelamar mencapai tujuan karier mereka.

Namun, alasan penulisan surat yang disampaikan harus ringkas dan jelas. Tujuannya adalah untuk langsung menangkap perhatian pihak HRD bahwa Anda adalah kandidat yang berpotensi dan serius mengenai posisi yang Anda lamar.

Dengan demikian, paragraf pembuka adalah tempat di surat lamaran tempat Anda menjabarkan alasan Anda menulis surat lamaran tersebut. Sebagai kunci awal dalam surat lamaran, paragraf pembuka harus ditulis dengan hati-hati dan sebaik mungkin untuk menciptakan kesan positif pertama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *