Ilmu

Pada Sebuah Pertemuan Terdapat 12 Orang Tamu Undangan. Berapa Kemungkinan Maksimal Terjadinya Jabat Tangan Seluruh Tamu Undangan Tersebut?

×

Pada Sebuah Pertemuan Terdapat 12 Orang Tamu Undangan. Berapa Kemungkinan Maksimal Terjadinya Jabat Tangan Seluruh Tamu Undangan Tersebut?

Sebarkan artikel ini

Sebuah pertemuan menjadi tempat yang sangat dinamis, diisi dengan berbagai interaksi yang melibatkan seluruh peserta. Salah satu interaksi yang kerap muncul di sepanjang pertemuan adalah jabat tangan. Apabila kita memiliki 12 orang tamu undangan, berapa kemungkinan maksimal terjadinya jabat tangan seluruh tamu undangan tersebut?

Untuk mencari jawaban dari pertanyaan ini, kita perlu mengenal operasi matematis bernama kombinasi. Kombinasi adalah cara menentukan jumlah kemungkinan pasangan yang dapat dibentuk dari sejumlah item tanpa mempertimbangkan urutan. Dalam hal ini, kita ingin mencari jumlah semua kemungkinan pasangan jabat tangan yang dapat terjadi.

Rumus untuk menghitung kombinasi adalah:

nCk = n! / k!(n-k)!

Dalam formula tersebut, n menunjukkan jumlah total item (dalam hal ini 12 tamu), k menunjukkan jumlah item dalam setiap kombinasi (dalam hal ini 2, karena setiap jabat tangan melibatkan 2 orang), dan ! adalah operator faktorial, yang berarti perkalian semua bilangan bulat dari 1 sampai bilangan tersebut.

Dengan demikian, kita bisa menggantikan nilai n dan k dalam formula dengan 12 dan 2. Sehingga kita memiliki:

12C2 = 12! / 2!(12-2)!

Dengan melakukan kalkulasi ini, kita menemukan bahwa terdapat 66 kemungkinan unik jabat tangan yang dapat terjadi antara 12 tamu undangan.

Jadi, jawabannya adalah 66 kemungkinan maksimal terjadinya jabat tangan di antara seluruh tamu undangan tersebut.

Namun, penting untuk dicatat bahwa ini adalah perhitungan statistik dan dalam prakteknya, kemungkinan sebenarnya bisa berbeda tergantung pada berbagai faktor, seperti apakah setiap tamu saling mengenal satu sama lain, norma dan protokol sosial, serta batasan lainnya yang mungkin ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *