Sekolah

Saat Ini John Berumur 12 Tahun, Yaitu 3 Kali Lebih Tua Dari Adiknya. Berapa Umur John Saat Umurnya 2 Kali Lebih Tua Dari Umur Adiknya?

×

Saat Ini John Berumur 12 Tahun, Yaitu 3 Kali Lebih Tua Dari Adiknya. Berapa Umur John Saat Umurnya 2 Kali Lebih Tua Dari Umur Adiknya?

Sebarkan artikel ini

Untuk menjawab pertanyaan ini, pertama-tama kita perlu memahami dan menerjemahkan informasi yang diberikan ke dalam bentuk matematis.

Saat ini, kita tahu bahwa John berumur 12 tahun, serta ia 3 kali lebih tua dari adiknya. Dengan kata lain, umur adik John adalah 12 dibagi 3, atau 4 tahun.

Berikutnya, pertanyaan tersebut meminta kita untuk menemukan umur John ketika umurnya 2 kali lebih tua dari umur adiknya. Sebutkan umur adik John sebagai ‘x’ dan umur John sebagai ‘y’. Maka dari soal, kita tahu bahwa 2x = y.

Untuk mencari umur John (y) ketika ia 2 kali lebih tua dari umur adiknya, kita harus mencari tahu berapa banyak tahun lagi sampai John berumur 2 kali umur adiknya.

Sebagai titik acuan, saat ini selisih umur mereka adalah 8 tahun (12 tahun – 4 tahun). Untuk mempermudah, kita tahu bahwa setiap tahun yang berlalu, selisih umur mereka bertambah 1. Jadi, kita perlu mencari berapa banyak tahun lagi sampai selisih umur mereka menjadi 2 kali umur adiknya.

Mengikuti logika ini, kita tahu bahwa selisih umur mereka akan menjadi 2 kali umur adiknya ketika selisih itu mencapai 2x umur adik saat ini, atau 2 * 4 = 8 tahun. Dengan menilai selisih umur saat ini, kita bisa langsung menyimpulkan bahwa John pada saat itu berumur 12 tahun.

Peace! Segala sesuatunya cocok dan jawaban yang dicari sudah ada di tangan kita sejak awal. Jadi, berdasarkan informasi yang diberikan, John akan berumur 12 tahun saat umurnya 2 kali lebih tua dari umur adiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *