Sosial

Dalam Permainan Bola Basket, Teknik untuk Memulai Pertandingan Adalah dengan Cara Melakukan Sentuhan Pertama yang Disebut dengan …

×

Dalam Permainan Bola Basket, Teknik untuk Memulai Pertandingan Adalah dengan Cara Melakukan Sentuhan Pertama yang Disebut dengan …

Sebarkan artikel ini

Bola basket adalah olahraga yang populer dan dinikmati oleh jutaan orang di seluruh dunia. Olahraga ini dikendalikan oleh sejumlah aturan dan regulasi, yang diantaranya meliputi bagaimana memulai suatu pertandingan. Teknik pertama yang digunakan untuk memulai pertandingan disebut dengan “jump ball”.

Jump ball adalah prosedur yang dilakukan pada awal pertandingan bola basket dimana wasit melemparkan bola ke atas di antara dua pemain dari tim yang berlawanan di tengah lapangan. Kedua pemain ini kemudian mencoba untuk menangkap atau menyentuh bola setelah dilempar oleh wasit, dan membelokkannya ke arah rekan satu tim mereka. Hal ini dilakukan untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan penguasaan bola pertama.

Jump ball sudah menjadi bagian integral dari permainan bola basket sejak awal hari olahraga ini. Meski begitu, banyak permainan sekarang ini yang tidak lagi menggunakan jump ball kecuali pada awal pertandingan dan dalam situasi khusus lainnya. Dalam kebanyakan pertandingan, penguasaan bola juga ditentukan oleh aturan “alternating possession”, di mana hak penguasaan bola dialihkan antara kedua tim setiap kali terjadi situasi bola mati.

Pada jump ball, keterampilan dan teknik pemain yang terlibat sangatlah penting. Mereka harus menguasai timing atau penentuan waktu, penguasaan posisi, dan koordinasi yang baik dengan rekan satu tim mereka. Mempelajari dan menguasai jump ball dapat sangat membantu dalam meraih kemenangan dalam pertandingan.

Jadi, dalam permainan bola basket, pertandingan biasanya dimulai dengan cara melakukan sentuhan pertama, atau “jump ball”. Teknik ini membutuhkan kerja sama tim yang baik, kecepatan, dan keterampilan dalam mengantisipasi gerakan bola dan lawan. Teknik ini adalah salah satu bagian paling menarik dan dinamis dari permainan bola basket, dan pemahaman yang baik tentang jump ball dapat berkontribusi signifikan terhadap performa dan kesuksesan tim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *