Ilmu

Terdapat Kegiatan Produksi yang Dilakukan dengan Langsung Mengambil Hasil dari Alam, Kegiatan Produksi Ini Disebut Kegiatan Apa?

×

Terdapat Kegiatan Produksi yang Dilakukan dengan Langsung Mengambil Hasil dari Alam, Kegiatan Produksi Ini Disebut Kegiatan Apa?

Sebarkan artikel ini

Dalam dunia ekonomi dan bisnis, ada banyak jenis aktivitas produksi yang dilakukan untuk menciptakan barang dan jasa. Salah satu jenis aktivitas produksi yaitu, kegiatan produksi yang dilakukan dengan langsung mengambil hasil dari alam. Jenis kegiatan produksi ini biasanya dilakukan oleh sejumlah industri seperti pertanian, perikanan, dan pertambangan. Lalu, kegiatan produksi tersebut disebut dengan apa?

Kegiatan produksi yang dilakukan dengan langsung mengambil hasil dari alam ini biasa dikenal sebagai kegiatan produksi primer.

Pengertian Produksi Primer

Produksi primer adalah tahap awal dalam rangkaian produksi dan biasanya melibatkan pengumpulan bahan baku langsung dari alam. Contohnya adalah penambangan bahan mineral, pengeboran minyak bumi, penangkapan ikan, pengolahan tanah dan tanaman, dan sebagainya. Pada kegiatan produksi ini, hasil alam diolah sedikit atau tidak sama sekali sebelum digunakan sebagai bahan baku dalam produksi barang atau jasa.

Industri primer sangat penting karena mereka membentuk dasar bagi semua jenis produksi lainnya. Bahan-bahan baku yang diperoleh dari industri primer digunakan oleh industri sekunder dan tersier dalam produksi barang atau jasa mereka. Sebagai contoh, minyak mentah yang diperoleh dari pengeboran minyak merupakan bahan baku bagi industri petrokimia, yang menghasilkan berbagai jenis bahan kimia dan bahan bakar.

Sebagai kesimpulan, kegiatan produksi yang dilakukan dengan langsung mengambil hasil dari alam disebut sebagai kegiatan produksi primer. Meski terlihat sederhana, namun kegiatan ini adalah unsur vital dari ekonomi globa karena membentuk basis bagi hampir semua kegiatan industri lainnya. Mengingat pentingnya sektor ini, langkah-langkah perlindungan dan pemeliharaan sumber daya alam perlu dilakukan untuk memastikan keberlanjutan produksi primer di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *