Sekolah

Hilangnya Norma-Norma Sosial yang Selama Ini Berlaku dalam Masyarakat Indonesia Merupakan Dampak Negatif Globalisasi pada Bidang

×

Hilangnya Norma-Norma Sosial yang Selama Ini Berlaku dalam Masyarakat Indonesia Merupakan Dampak Negatif Globalisasi pada Bidang

Sebarkan artikel ini

Globalisasi adalah proses integrasi antarbangsa melalui kegiatan pertukaran, penyebaran ide atau produk budaya, teknologi, dan lainnya, yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Di Indonesia, globalisasi memiliki dampak positif dan negatif, salah satunya adalah memudar dan terkikisnya norma-norma sosial yang selama ini berlaku dalam masyarakat.

Norma-norma sosial merupakan kumpulan aturan yang ditentukan oleh masyarakat memiliki fungsi penting dalam melestarikan serta menjaga keseimbangan masyarakat. Hilangnya norma-norma sosial ini menjadi dampak negatif globalisasi yang kerap luput dari perhatian.

Globalisasi menciptakan perkembangan informasi dan teknologi yang sangat signifikan. Melalui proses tersebut, Indonesia terbuka terhadap berbagai arus pemikiran dan budaya global. Sejalan dengan itu, perubahan nilai dan norma dalam masyarakat juga terjadi karena adanya pengaruh dari budaya asing yang masuk dan diterima oleh masyarakat. Beberapa bentuk kehilangan norma ini antara lain perubahan perilaku masyarakat yang cenderung mengadopsi gaya hidup Barat, melemahnya rasa gotong royong, dan kurangnya penghargaan terhadap nilai-nilai lokal.

Perkembangan media massa dan media sosial menjadi salah satu pendorong utama hilangnya norma-norma sosial ini. Sebagai contoh, luasnya cakupan media dan cepatnya penyebaran informasi membuat masyarakat dengan mudah menerima dan meniru gaya hidup dari Barat. Hal ini kemudian mempengaruhi tatanan sosial dan kultur lokal yang ada.

Meskipun demikian, kita juga harus memahami bahwa dalam era globalisasi, terjadinya perubahan norma sosial adalah hal yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, penting bagi kita, sebagai masyarakat, untuk mempertahankan dan mempromosikan norma-norma sosial lokal yang positif dan mengadopsi cara baru yang sejalan dengan nilai-nilai kita.

Dalam menanggapi perkembangan global ini, peran pemerintah dan elemen masyarakat lainnya sangat penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dan perlindungan terhadap norma-norma sosial dalam masyarakat. Pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai lokal, penerapan hukum yang tegas terhadap tindakan-tindakan yang melanggar norma budaya, serta pemberdayaan komunitas lokal dapat menjadi upaya dalam mempertahankan norma-norma sosial kita.

Dalam hiruk-pikuk era globalisasi ini, kita perlu kembali pada akar budaya kita, menghargai dan menerapkan norma-norma sosial yang ada. Dengan begitu, kita dapat membentuk keseimbangan antara dampak positif dan negatif dari globalisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *