Diskusi

Sebuah Uang Logam dan Sebuah Dadu Dilempar Undi Satu Kali: Peluang Muncul Angka pada Uang Logam dan Mata Dadu Genap Adalah?

×

Sebuah Uang Logam dan Sebuah Dadu Dilempar Undi Satu Kali: Peluang Muncul Angka pada Uang Logam dan Mata Dadu Genap Adalah?

Sebarkan artikel ini

Pada eksperimen ini, kita akan mencari peluang muncul angka pada uang logam dan mata dadu genap ketika dilempar sekaligus. Akan diuraikan perhitungan peluang dan konsep dasarnya untuk membantu memahami cara mencapai hasil yang diinginkan.

Latar Belakang

Uang logam yang digunakan dalam eksperimen ini memiliki dua sisi, yaitu angka dan gambar, dan dadu memiliki enam sisi dengan masing-masing sisi bernomor 1 sampai 6. Peluang muncul angka pada uang logam adalah 1/2, dan peluang muncul mata dadu genap (2, 4, atau 6) adalah 1/2 juga.

Menghitung Peluang Gabungan

Ketika ingin menghitung peluang gabungan dari dua kejadian yang saling lepas (independen), kita hanya perlu mengalikan peluang masing-masing kejadian. Dalam kasus ini, peluang muncul angka pada uang logam dan mata dadu genap adalah:

Peluang(angka pada uang logam DAN mata dadu genap) = Peluang(angka pada uang logam) * Peluang(mata dadu genap)

Menggunakan data yang diberikan sebelumnya:

Peluang(angka pada uang logam) = 1/2Peluang(mata dadu genap) = 1/2

Hasil

Dari informasi di atas, kita bisa menghitung peluang gabungan sebagai berikut:

Peluang(angka pada uang logam DAN mata dadu genap) = (1/2) * (1/2) = 1/4

Dengan demikian, peluang muncul angka pada uang logam dan mata dadu genap ketika dilempar undi satu kali adalah 1/4 atau 25%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *