Ilmu

Setiap Negara ASEAN Memiliki Karakteristik Masing-Masing: Persamaan dan Perbedaan dari Negara Indonesia dan Malaysia

×

Setiap Negara ASEAN Memiliki Karakteristik Masing-Masing: Persamaan dan Perbedaan dari Negara Indonesia dan Malaysia

Sebarkan artikel ini

Berpindah lebih jauh ke sebelah timur dari Benua Asia, kita akan menemukan dua negara penuh warna yaitu Indonesia dan Malaysia. Meskipun keduanya adalah bagian dari kawasan ASEAN, namun memiliki karakteristik unik yang membedakan satu sama lain. Dalam artikel ini, kita akan membahas persamaan dan perbedaan antara Indonesia dan Malaysia.

Untuk melihat kesamaan, kita harus mencari hal-hal yang telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat di kedua negara. Di tingkat dasar, Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kesamaan. Keduanya berlokasi di Asia Tenggara dan sama-sama memiliki iklim tropis serta memiliki keanekaragaman hayati yang kaya. Di sisi budaya, keduanya memiliki sejarah yang panjang tentang kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha pada zaman kuno dan peradaban kerajaan-kerajaan Melayu pada zaman setelahnya. Hal ini terlihat dari peninggalan-peninggalan bersejarah yang tersebar di berbagai wilayah kedua negara.

Namun, meski memiliki banyak kesamaan, terdapat banyak juga perbedaan antara Indonesia dan Malaysia yang membuat kedua negara ini unik. Salah satu perbedaan yang cukup jelas adalah sistem pemerintahan, di mana Indonesia adalah Republik dengan sistem demokrasi, Malaysia adalah Monarki Federal yang dipimpin oleh seorang Raja.

Perbedaan lainnya adalah dalam hal bahasa yang digunakan. Meskipun menggunakan basis bahasa yang serupa, yaitu Bahasa Melayu, namun ejaan dan beberapa kosakata dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia memiliki perbedaan.

Begitu pula dalam hal kuliner, kedua negara memiliki berbagai makanan khas yang berbeda. Meskipun ada beberapa makanan yang memiliki nama dan rasa yang mirip, namun kuliner khas dari masing-masing negara memiliki ciri khas yang berbeda.

Ketika kita melihat lebih dekat, semua negara di dunia memiliki karakteristik unik, termasuk Indonesia dan Malaysia. Ketidaksempurnaan, perbedaan, persamaan, dan semuanya yang terjadi di antara mereka, lah yang membuat setiap negara menjadi unik dan beragam. Dan ini adalah hal yang harus kita hargai dan pelihara sebagai bagian dari warisan dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *