Budaya

Kecepatan sebuah mobil diperbesar menjadi 3 kali semula. Perbandingan energi kinetik semula dan sekarang adalah…

×

Kecepatan sebuah mobil diperbesar menjadi 3 kali semula. Perbandingan energi kinetik semula dan sekarang adalah…

Sebarkan artikel ini

Rumus energi kinetik adalah ½mv², di mana m adalah massa benda dan v adalah kecepatannya. Dalam konteks soal, mobil adalah benda dengan massa m dan kecepatan semula adalah v.

Diketahui, menurut soal, kecepatan mobil diperbesar menjadi 3 kali semula. Peningkatan ini berpengaruh pada energi kinetik mobil. Mari kita evaluasi bagaimana ini mempengaruhi perbandingan energi kinetik semula dan sekarang.

Analisis Energi Kinetik

Mari kita sebut energi kinetik semula adalah Ek(inisial) dan energi kinetik setelah perubahan kecepatan adalah Ek(final).

Dengan rumus energi kinetik, kita memiliki Ek(inisial) = ½mv².

Sesudah kecepatan mobil diperbesar 3 kali lipat, maka kecepatan menjadi 3v. Substitusikan ini dalam rumus, energi kinetik sekarang atau Ek(final) akan menjadi ½m(3v)² = ½m(9v²) = 4.5mv².

Perbandingan Energi Kinetik

Perbandingan energi kinetik semula dan sekarang bisa dilihat dengan membandingkan Ek(inisial) dan Ek(final). Ek(inisial) adalah ½mv² dan Ek(final) adalah 4.5mv². Sehingga, kecepatan mobil yang diperbesar menjadi tiga kali semula akan meningkatkan energi kinetik menjadi sembilan kali semula.

Secara matematis, perbandingan antara energi kinetik semula dan sekarang menjadi ½mv² : 4.5mv² = 1 : 9

Jadi, perbandingan energi kinetik semula dan sekarang adalah 1 : 9. Dengan kata lain, energi kinetik mobil telah diperbesar sembilan kali dari jumlah semula dengan peningkatan kecepatan menjadi tiga kali lipat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *