Budaya

Salah Satu Pahlawan Nasional Perempuan dari Sumatera Barat yang Juga Seorang Orator Handal adalah…

×

Salah Satu Pahlawan Nasional Perempuan dari Sumatera Barat yang Juga Seorang Orator Handal adalah…

Sebarkan artikel ini

Indonesia memiliki begitu banyak sosok pahlawan yang telah berjuang dengan gagah berani dalam mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan negeri ini. Perjuangan mereka tak mengenal jenis kelamin, usia, maupun latar belakang suku dan agama. Mereka semua memiliki semangat yang sama, yakni cinta tanah air dan keinginan untuk meraih kemerdekaan.

Salah satu pahlawan nasional perempuan asal Sumatera Barat yang menjadi sorotan adalah Rasuna Said. Ia lahir di Maninjau, Agam, Sumatera Barat pada 14 November 1910 dan meninggal di Jakarta pada 2 November 1965. Rasuna Said dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai seorang aktivis perempuan yang gigih, seorang pejuang kemerdekaan, dan juga seorang orator yang handal.

Rasuna Said merupakan salah satu tokoh perempuan yang sangat aktif dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bakat kepemimpinannya sudah terlihat sejak muda. Ia juga dikenal sebagai seorang orator yang handal. Dengan keberaniannya, ia mampu menyampaikan aspirasinya kepada banyak orang dan mengajak mereka untuk berjuang menentang penjajah.

Pada tahun 1938, Rasuna Said menjabat sebagai sekretaris dalam Perhimpunan Kaum Ibu (PKI). Ia sangat aktif dalam berkampanye dan menyuarakan hak-hak wanita. Ia juga sangat aktif dalam membangun kesadaran politik di kalangan perempuan. Aktivitasnya dalam dunia politik dan perjuangannya dalam mewujudkan kesetaraan gender menjadikan figure Rasuna Said sebagai simbol feminisme di Indonesia.

Rasuna Said juga berperan aktif dalam organisasi politik dan pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan menjadi salah satu dari 68 orang yang menandatangani naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Pada tahun 1974, ia dianugerahi gelar Pahlawan Nasional Indonesia oleh pemerintah Republik Indonesia karena jasa-jasanya yang besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Nama Rasuna Said kini diabadikan sebagai nama salah satu jalan utama di Jakarta, serta menjadi nama salah satu tower dalam kompleks gedung DPR/MPR RI sebagai penghargaan dan penghormatan bagi jasa-jasanya.

Jadi, Rasuna Said adalah salah satu pahlawan nasional perempuan dari Sumatera Barat yang menjadi seorang orator yang handal. Perjuangannya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan kemerdekaan negeri ini menjadi sorotan dan inspirasi bagi generasi saat ini dan yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *