Sosial

Dalam sebuah kotak terdapat 10 bola yang diberi nomor 1 sampai 10. Diambil sebuah bola secara acak.

×

Dalam sebuah kotak terdapat 10 bola yang diberi nomor 1 sampai 10. Diambil sebuah bola secara acak.

Sebarkan artikel ini

Dalam artikel ini, kita akan membahas sebuah persoalan probabilitas mengenai pengambilan bola dengan nomor tertentu dari sebuah kotak yang berisi 10 bola bernomor 1 hingga 10. Pertanyaan yang ingin diselesaikan dalam kasus ini adalah:

Berapakah probabilitas mengambil bola dengan nomor tertentu dari kotak tersebut?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu memahami konsep probabilitas. Probabilitas merupakan cara mengukur kemungkinan terjadinya suatu kejadian dari semua kemungkinan kejadian yang mungkin terjadi. Probabilitas suatu kejadian dapat dihitung dengan rumus:

Probabilitas = (jumlah kejadian yang diinginkan) / (jumlah total kejadian yang mungkin)

Kembali ke kasus pengambilan bola, kotak tersebut berisi 10 bola bernomor 1 hingga 10. Jika kita mengambil sebuah bola secara acak, ada 10 kemungkinan yang mungkin terjadi, yaitu mengambil bola dengan nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, atau 10.

Misalkan kita ingin mengetahui probabilitas mengambil bola yang bernomor 7. Berdasarkan rumus yang telah kita bahas sebelumnya, kita akan menghitung probabilitas kejadian ini sebagai berikut:

Probabilitas mengambil bola bernomor 7 = (jumlah kejadian mengambil bola bernomor 7) / (jumlah total kejadian yang mungkin)

Dalam hal ini, jumlah kejadian yang diinginkan (mengambil bola bernomor 7) hanya ada satu, karena hanya ada satu bola yang bernomor 7 dalam kotak tersebut. Jumlah total kejadian yang mungkin, seperti yang telah kita singgung sebelumnya, adalah 10.

Maka, probabilitas mengambil bola bernomor 7 adalah:

Probabilitas = 1/10

Dalam bentuk desimal:

Probabilitas = 0.1

Atau dalam bentuk persentase:

Probabilitas = 10%

Sehingga, probabilitas mengambil bola yang bernomor 7 dari kotak tersebut adalah 10%.

Dalam konteks yang lebih luas, karena ada 10 bola dengan nomor berbeda, probabilitas mengambil bola dengan nomor tertentu lainnya juga adalah 10%. Berarti probabilitas mengambil bola bernomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 9, atau 10 juga masing-masing adalah 10%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *