Sosial

Pada Persiapan Tolak Peluru, Posisi Tangan Kanan yang Memegang Peluru Diletakkan Menempel pada…

×

Pada Persiapan Tolak Peluru, Posisi Tangan Kanan yang Memegang Peluru Diletakkan Menempel pada…

Sebarkan artikel ini

Tolak peluru adalah salah satu disiplin yang ada dalam cabang olahraga atletik. Peluru yang digunakan dalam permainan ini biasanya terbuat dari besi atau logam lainnya. Teknik dan cara memegang peluru adalah elemen yang sangat penting dalam meningkatkan performa atlet dalam olahraga ini. Salah satu elemen penting adalah posisi dari tangan kanan saat memegang peluru.

Posisi tangan yang benar saat memegang peluru dapat meningkatkan kontrol dan stabilitas yang dapat mempengaruhi keberhasilan tolakan. Tangan kanan biasanya digunakan untuk memegang peluru, sedangkan tangan kiri membantu memberikan dorongan pada waktu start. Memegang peluru dengan teknik yang benar tidak hanya akan membantu atlet mempertahankan equillibrium mereka saat melompat, tapi juga dapat memberikan dorongan yang lebih kuat yang pada akhirnya dapat meningkatkan jarak lontar.

Teknik Memegang Peluru dengan Tangan Kanan

Jika seorang atlet berhak untuk menggunakan tangan kanan, maka dia perlu memegang peluru dengan leher bentuk huruf C dari tangan kanannya. Pertama, peluru harus diletakkan di telapak tangan dan tidak boleh diletakkan di telapak tangan sehingga kontak dengan jari-jari. Kemudian peluru diletakkan menempel pada leher dengan urutan sebagai berikut :

  1. Bagian belakang peluru harus menempel pada ujung jari tengah dan jari telunjuk.
  2. Bagian depan peluru, yang terbuat dari plastik atau karet, harus berada di bawah dan berhenti sebelum mencapai garis telapak tangan.
  3. Peluru harus berada di sebelah kanan tangan dan tidak boleh melintasi pusat telapak tangan.
  4. Ibu jari dan jari kelingking sisi kanan harus menahan peluru dan mencegahnya jatuh dari tangan kanan.

Melalui posisi tangan yang benar ini, peluru akan dapat ditempatkan dengan stabil dan siap untuk ditekan. Kemudian dorongan akan diberikan oleh tangan kiri dan dipandu oleh tangan kanan. Ini dapat meningkatkan kecepatan dan jarak tolak peluru.

Selain itu, teknik memegang peluru dan posisi yang benar juga akan membantu atlet untuk menjaga keseimbangan tubuh mereka, sehingga mereka tidak akan jatuh atau tergelincir saat menyentakkan peluru.

Olahraga atletik membutuhkan teknik, keseimbangan, dan koordinasi yang tepat. Melalui latihan yang berulang dan konsistensi, setiap atlet dapat mengasah kemampuan mereka dan meraih performa terbaik mereka dalam tolak peluru. Memahami dan menerapkan teknik memegang peluru dengan benar dan posisi tangan kanan merupakan langkah penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *