Ilmu

Prinsip Apakah yang Mengakui bahwa Indonesia Memiliki Berbagai Suku, Bahasa, Agama, dan Budaya?

×

Prinsip Apakah yang Mengakui bahwa Indonesia Memiliki Berbagai Suku, Bahasa, Agama, dan Budaya?

Sebarkan artikel ini

Indonesia adalah sebuah negara yang sangat besar dan beraneka ragam. Negara ini dihuni oleh banyak suku, bahasa, serta ragam agama dan budaya. Terlepas dari perbedaan dan keragaman tersebut, seluruh warga negara memiliki hak yang sama dan merasakan rasa persatuan dalam keanekaragaman. Sejatinya, prinsip apa yang melandasi pengakuan tersebut?

Prinsip tersebut adalah Pancasila. Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Terdiri dari lima sila yang menjadi dasar dalam hidup berbangsa dan bernegara, Pancasila ditetapkan sebagai landasan negara oleh para pendiri bangsa. Ketahanan dan kekuatan Indonesia berakar dari ideologi ini.

Pancasila diresmikan pada 18 Agustus 1945 dan merupakan hasil pemikiran para pendiri bangsa yang dipelopori oleh Soekarno. Pancasila berisi lima prinsip dasar, yang diantaranya mengakui dan menerima pluralisme suku, bahasa, agama, dan budaya di Indonesia.

Prinsip pertama, ketuhanan yang maha esa, seperti yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, memberi jaminan kebebasan beragama dan berkeyakinan kepada seluruh warganya. Prinsip yang kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab, menegaskan bahwa setiap manusia memiliki hak dan kewajiban yang sama tanpa memandang suku dan ras.

Prinsip sila ketiga, persatuan Indonesia, menegaskan bahwa meski berbeda suku, bahasa, agama, dan budaya, semua warga negara adalah satu, yaitu bangsa Indonesia. Sila keempat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, menegaskan bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam mengambil bagian pada proses demokrasi. Dan sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, menunjukkan bahwa setiap individu berhak mendapatkan perlakuan yang adil dan sama.

Dalam kerangka Pancasila inilah Indonesia mampu berdiri sebagai bangsa yang kuat dan beraneka ragam. Ideologi ini mendorong pengakuan dan penghargaan terhadap perbedaan, dengan asumsi bahwa perbedaan tersebut bukanlah halangan untuk persatuan, tetapi justru kekuatan untuk mempersatukan bangsa.

Oleh karena itu, Pancasila adalah prinsip yang mengakui bahwa Indonesia memiliki berbagai suku, bahasa, agama, dan budaya. Menjadi dasar bagi bangsa Indonesia untuk memupuk rasa persatuan, kesatuan, dan keadilan bagi setiap warganya. Tidak ada satu pun suku, bahasa, agama, atau budaya yang mendominasi yang lain. Semua berdiri sama tinggi, seirama, dalam naungan negara kesatuan Republik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *