Sekolah

Perilaku Masyarakat yang Dapat Menerima Arus Globalisasi Secara Terbuka Ditunjukkan oleh Sikap

×

Perilaku Masyarakat yang Dapat Menerima Arus Globalisasi Secara Terbuka Ditunjukkan oleh Sikap

Sebarkan artikel ini

Globalisasi adalah fenomena yang tak terelakkan dalam era modern ini. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, batasan-batasan yang ada semakin memudar, memungkinkan masyarakat di dunia untuk terhubung dan berinteraksi satu sama lain secara lebih cepat dan mudah.

Berhadapan dengan fenomena ini, ada sikap dan perilaku masyarakat yang akan dengan terbuka menerima arus globalisasi ini. Sikap ini penting untuk arus globalisasi dapat diterima dengan baik dan menghasilkan dampak yang positif bagi masyarakat dan negara.

Ada beberapa indikator sikap dan perilaku ini, diantaranya:

  1. Terbuka pada Perubahan

    Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh masyarakat adalah keterbukaan pada perubahan. Globalisasi seringkali membawa perubahan-perubahan, baik itu dalam aspek kehidupan sosial, ekonomi, maupun budaya.

  2. Penerimaan Terhadap Kebudayaan Asing

    Globalisasi menghadirkan pertukaran budaya antarbangsa. Hal ini berarti sikap yang diperlukan adalah penerimaan dan penghargaan terhadap kebudayaan asing, tanpa mengesampingkan kebudayaan lokal.

  3. Adaptasi Teknologi

    Teknologi adalah motor penggerak utama globalisasi. Oleh karena itu, perilaku yang perlu ditunjukkan oleh masyarakat adalah kemampuan dan keterbukaan untuk beradaptasi dengan teknologi baru.

  4. Menghargai Persaingan Sehat

    Globalisasi memperluas pasar dan meningkatkan persaingan. Masyarakat yang bisa menerima globalisasi biasanya adalah mereka yang menghargai dan mampu beradaptasi dalam persaingan sehat.

Masyarakat dengan sikap-sikap tersebut akan mampu memanfaatkan globalisasi sebagai sarana untuk mencapai kemajuan, baik itu dalam aspek individu maupun masyarakat secara keseluruhan. Memastikan sikap-sikap tersebut ada di dalam masyarakat adalah kunci agar globalisasi dapat diterima dan memberikan manfaat yang optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *