Budaya

Gerak pada Manusia dan Hewan: Mengapa merupakan Gerak Aktif Karena Otot Diperintahkan oleh?

×

Gerak pada Manusia dan Hewan: Mengapa merupakan Gerak Aktif Karena Otot Diperintahkan oleh?

Sebarkan artikel ini

Gerak merupakan karakteristik dasar dari semua makhluk hidup, termasuk manusia dan hewan. Menurut definisi, gerak adalah proses memindahkan atau memindahkan diri atau objek dari satu tempat ke yang lain. Gerak pada manusia dan hewan dikategorikan sebagai gerak aktif. Namun, apa yang dimaksud dengan gerak aktif dan bagaimana ini terjadi dalam tubuh kita?

Pengertian Gerak Aktif

Gerak aktif adalah gerak yang terjadi karena aktifitas dan keinginan subjek itu sendiri. Gerak ini dipengaruhi oleh otot yang berkerja secara aktif untuk mencapai gerak tersebut. Misalnya, ketika kita memutuskan untuk berlari, kita secara sadar memberi perintah kepada otot-otot kita untuk melakukan gerakan yang diperlukan. Sebaliknya, gerak pasif adalah ketika gerakan diterapkan pada subjek dari luar, dan subjek sendiri tidak melakukan usaha atau kegiatan apa pun untuk menciptakan gerakan tersebut.

Gerak Aktif pada Manusia dan Hewan

Sistem saraf pusat manusia dan hewan mengendalikan gerak aktif melalui koordinasi antara otak dan sistem saraf, yang saling mengirimkan sinyal untuk memberi perintah pada otot untuk gerakan. Otot-otot, dalam responsnya, menuju ke arah yang diinginkan berdasarkan sinyal-sinyal ini.

Misalnya, jika ada anjing yang melihat bola, otaknya akan memproses informasi visual ini dan memutuskan untuk mengejarnya. Sinyal kemudian dikirim melalui sistem sarafnya untuk menggerakkan otot-otot kaki dalam pola tertentu sehingga anjing tersebut dapat berlari.

Demikian juga, manusia memiliki kemampuan yang sama untuk menggerakkan otot-otot mereka. Ketika kita memutuskan untuk mengangkat secangkir kopi, otak kita mengirimkan sinyal melalui sistem saraf kita ke otot-otot yang relevan di lengan dan tangan kita, yang kemudian berkontraksi dan memungkinkan kita untuk melakukan aksi ini.

Dengan demikian, gerak pada manusia dan hewan adalah gerak aktif karena otot diperintahkan oleh otak dan sistem saraf, berdasarkan informasi sensorik dan persepsi mereka. Ini adalah bukti betapa canggihnya sistem saraf dan otot kita, memungkinkan kita untuk berinteraksi dan bergerak dalam dunia sekeliling kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *