Ilmu

Komunikasi Data Dua Arah yang Mengharuskan Pengiriman Data Secara Bergantian Adalah

×

Komunikasi Data Dua Arah yang Mengharuskan Pengiriman Data Secara Bergantian Adalah

Sebarkan artikel ini

Dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, terdapat berbagai jenis komunikasi data yang digunakan. Salah satunya adalah komunikasi data dua arah yang mengharuskan pengiriman data secara bergantian. Jenis metode komunikasi ini adalah Komunikasi Duplex Sebagian, atau biasa kita kenal dengan istilah Half Duplex.

Komunikasi Half Duplex merupakan bagian dari sistem komunikasi yang terdiri dari dua perangkat dalam jaringan yang bisa mengirim dan menerima data, tapi tidak pada saat yang sama. Dengan kata lain, apabila sebuah perangkat sedang melakukan pengiriman data, maka perangkat yang lain harus menunggu hingga proses pengiriman data tersebut selesai sebelum perangkat tersebut bisa melakukan pengiriman data kembali.

Ini bekerja serupa dengan walkie-talkie, di mana seseorang harus menunggu sebelum bisa merespon suatu pesan yang diterima. Komunikasi Half Duplex melibatkan penggunaan metode transmisi data bergantian yang juga sering disebut sebagai teknik transmisi giliran atau “Turn Taking Technique”.

Metode komunikasi data ini biasa digunakan dalam situasi dimana media transmisi data adalah terbatas dan tidak bisa menampung dua arah komunikasi secara bersamaan. Meski memiliki keterbatasan, metode ini cukup efisien apabila digunakan dalam lingkungan tempat sumber daya jaringan terbatas.

Dengan demikian, bahwa metode komunikasi data dua arah yang mengharuskan pengiriman data secara bergantian adalah Half Duplex. Meskipun memiliki keterbatasannya, metode ini masih sangat penting dan digunakan dalam berbagai sistem komunikasi, khususnya di area di mana sumber daya jaringan sangat terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *